ペット / Hewan Peliharaan



Kalo kemarin kita ngomongin tentang dokter hewan, sekarang kita akan sedikit bahas tentang apa itu hewan peliharaan/ Pet. Pertama kita mulai istilah hewan peliharaan, jadi hewan peliharaan atau pet adalah hewan yang didomestikasi/dijinakkan sehingga menjadi hewan yang rumahan. Nah sampai disini saja sudah kita bisa bedakan manakah yang masuk kategori Pet dengan yang bukan pet. Beberapa hal bikin saya ingin menulis tentang pet, seperti maraknya orang yang memelihara hewan dilindungi dan juga banyak nya kekerasan terhadap hewan khususnya hewan peliharaan karena dekat dengan manusia.

Hewan peliharaan sejatinya kita bisa tahu dengan jelas bahwa sebenarnya hanya ada dua jenis, yaitu kucing dan anjing. Disamping itu mungkin kita juga mengenal ada hewan peliharaan seperti burung, kelinci dan ikan, nanti kita akan bahas lebih lanjut.  Nah, kita bisa bedakan antara pet dengan ternak, dimana ternak adalah hewan yang dibudidayakan untuk kebutuhan ekonomi seperti hewan potong, hewan perah, hewan pedaging, bakalan dan sebagainya. Sedangkan hewan peliharaan hanya dipelihara untuk dijadikan "anggota keluarga tambahan" sehingga selayaknya kita memperlakukannya seperti anggota keluarga sendiri.



Sekarang bagaimana dengan Burung dan Ikan(hias), apakah mereka merupakan hewan peliharaan? Sekarang kita bisa melihat bahwa ketika burung dipelihara maka dia akan dimasukkan ke dalam kandang, sedangkan burung memiliki sepasang sayap yang sejatinya digunakan untuk terbang bebas. Dari sini sudah kelihatan bahwa memelihara burung di dalam kandang merupakan pembatasan terhadap burung secara fisiologis dan perilaku alamiahnya yaitu terbang.

Kemudian ikan, apakah ikan juga termasuk hewan peliharaan?
Sejatinya menurut saya Ikan juga termasuk hewan yang dipelihara untuk diambil manfaatnya, seperti halnya hewan ternak. Namun ikan hias menjadi sebuah pilihan yang berbeda di mana ikan dibudidayakan untuk menjadi pajangan bagi orang-orang yang menggemarinya. Salah tidak salahnya tidak terlepas dari bagaimana cara mendapatkannya. Budidaya ikan hias menjadi baik apabila tujuannya untuk tidak mengurangi plasma nutfah yang ada di alam.

Nah bagaimana teman-teman? sudah sedikit paham ya tentang hewan peliharaan, jadi kalau kalian punya hewan peliharaan, anggaplah mereka sebagaimana anggota keluarga kalian.

じゃあ。。そこまでね。。
読んでくれてありがとうございます。。^^

Comments